jadwal rcti hari ini minggu:Daftar Top Skor Euro dari Tahun ke Tahun Sejak 1960-2024

Top skor EURO atau Piala Eropa ini adalah ajang dimana klub antar negara-negara di benua Eropa saling berkompetisi yang meraih top skor. EURO ini diadakan setiap empat tahun sekali oleh UEFA, terbaru pada tahun 2024.

Klub-klub dengan peraih top skor EURO terbaik seperti Prancis, Spanyol, Jerman dan Italia. Pada tahun pertama diadakannya EURO ini, setidaknya ada lima nama pemain yang meraih top skor di tahun 1960. Mereka adalah Valentin Ivanov dan Viktor Ponedelnik dari Uni Soviet, Milan Galic dan Drazan Jerkovic dari Yugoslavia, serta Francois Heutte dari Prancis.

Berikut daftar selengkapnya. Yuk, disimak!

1. Klub legendaris peraih Piala EropaDaftar Top Skor Euro dari Tahun ke Tahun Sejak 1960-2024potret Michel Platini (juventus.com)

Semarak EURO terdapat pada top skor EURO yang diberikan kepada para pemain dengan pencetak gol dalam satu turnamen. Top skor EURO paling melegenda masih pada Michel Platini dengan sembilan gol bagi Prancis pada 1984. Nama Cristiano Ronaldo juga masih menjadi pemain dengan peraih top skor EURO sepanjang masa yaitu sembilan gol.

Selain dari kedua nama pemain tersebut, adapun klub top skor EURO yang tak kalah melegenda karena kesuksesannya dalam meraih banyak juara. Seperti peraihan 3 trofi oleh Jerman dan Spanyol. Timnas Prancis kemudian menyusul dengan perolehan 2 kali menjadi juara di EURO.

Nama klub-klub lain yang juga masuk dalam daftar top skor EURO seperti Italia, Belanda dan Portugal atau bahkan beberapa tim kejutan seperti Denmark, Cekoslovakia, Uni Soviet dan Yunani yang pernah menjadi juara EURO sekali.

2. Daftar top skor sejak tahun 1960 hingga 2024Daftar Top Skor Euro dari Tahun ke Tahun Sejak 1960-2024Potret Patrik Schick (bundesliga.com)

1960

Valentin Ivanov – Uni Soviet – 2 gol Viktor Ponedelnik – Uni Soviet – 2 gol Milan Galic – Yugoslavia – 2 gol Drazan Jerkovic – Yugoslavia – 2 gol Francois Heutte – Prancis – 2 gol.

1964

Jesus Maria Pereda- Spanyol – 2 gol Ferenc Bene – Hungaria – 2 gol Dezso Novak – Hungaria – 2 gol.

1968

Dragan Dzajic – Yugoslavia – 2 gol.

1972

Gerd Muller – Jerman Barat – 4 gol.

1976

Dieter Muller – Jerman Barat – 4 gol.

1980

Klaus Allofs – Jerman Barat – 3 gol.

1984

Michel Platini – Prancis – 9 gol.

1988

Marco van Basten – Belanda – 5 gol.

1992

Dennis Bergkamp – Belanda – 3 gol Henrik Larsen – Denmark – 3 gol Karl-Heinz Riedle – Jerman – 3 gol Tomas Brolin – Swedia – 3 gol.

1996

Lanjutkan membaca artikel di bawah Editor’s picks Beban Berat Menanti Shin Tae Yong di Bulan September5 Pemain Terakhir yang Dilepas Chelsea ke Klub Besar EPL5 Pemain yang Pernah Hijrah dari Real Madrid ke PSG, Asensio Terbaru Alan Shearer – Inggris – 5 gol.

2000

Patrick Kluivert – Belanda – 5 gol Savo Milosevic – Yugoslavia – 5 gol.

2004

Milan Baros – Republik Ceko – 5 gol.

2008

David Villa – Spanyol – 4 gol.

2012

Mario Balotelli – Italia – 3 gol Alan Dzagoev – Rusia – 3 go. Fernando Torres – Spanyol – 3 gol Mario Mandzukic – Kroasia – 3 gol Cristiano Ronaldo – Portugal – 3 gol Mario Gomez – Jerman – 3 gol.

2016

Antoine Griezmann – Prancis – 6 gol.

2020

Cristiano Ronaldo – Portugal – 5 gol Patrik Schick – Republik Ceko – 5 gol.

2024

Harry Kane (Inggris) – 3 gol Dani Olmo (Spanyol) – 3 gol Georges Milkautadze (Georgia) – 3 gol Cody Gakpo (Belanda) – 3 gol Ivan Schranz (Slovakia) – 3 gol Jamal Musiala (Jerman) – 3 gol 3. Daftar pemain dengan top skor terbanyakDaftar Top Skor Euro dari Tahun ke Tahun Sejak 1960-2024potret Cristiano Ronaldo bersama timnas Portugal (uefa.com)

14 gol

Cristiano Ronaldo (Portugal)

9 gol

Michel Platini (Prancis)

7 gol

Antoine Griezmann (Prancis) Alan Shearer (Inggris)

6 gol

Alvaro Morata (Spanyol) Ruud van Nistelrooy (Belanda) Thierry Henry (Prancis) Zlatan Ibrahimovic (Swedia) Romelu Lukaku (Belgia) Patrick Kluivert (Belanda) Wayne Rooney (Inggris) Nuno Gomes (Portugal)

5 gol

Milan Baros (Republik Ceko) Robert Lewandowski (Polandia) Marco van Basten (Belanda) Mario Gomez (Jerman) Jurgen Klinsmann (Jerman) Zinedine Zidane (Prancis) Patrik Schick (Republik Ceko) Savo Milosevic (Yugoslavia) Fernando Torres (Spanyol)

Nah, itulah nama-nama pemain dan klub yang menjadi pemilik top skor EURO dari tahun ke tahun. Kira-kira siapa nama pemain dan klub yang akan meraih top skor EURO selanjutnya, ya?

Baca Juga: 5 Top Skor Termuda dalam Sejarah EPL, Ada Erling Haaland!

APA YANG MENARIK DARI JALALIVE ?

JalaLive Adalah Aplikasi yang menyediakan layanan Streming Basket dan Sepak Bola dengan HD karena kami memegang hak siar untuk pertandingan tersebut. Kami juga menyediakan informasi pertandingan yang komprehensif dan tepat waktu untuk penggemar selama 24 jam.

Jadi, jika Anda adalah seorang pecinta sepak bola yang ingin menikmati pertandingan secara langsung dengan pengalaman yang memukau, Jala Live adalah pilihan yang tepat. Bergabunglah dengan komunitas Jala Live dan jadilah saksi langsung dari momen-momen penting dalam dunia sepak bola.

JalaLive Berkomunikasilah dengan host cantik, analisis pertandingan terbaru bersama host handal! Pengguna ponsel dapat meraih kupon hadiah spesial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *